Tugas Resensi buku: PENDIDIKAN ISLAM DAN SISTEM PENJAMIN MUTU karya Dr. Deden Makbuloh, M.Ag

Resensi Buku
“PENDIDIKAN ISLAM DAN SISTEM PENJAMINAN MUTU: Menuju Pendidikan Berkualitas Di Indonesia”

KARYA: DR. DEDEN MAKBULOH, M.AG.


Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah  Kapita Selekta Pendidikan Agama Islam.
Disusun oleh:
Miftah Farid Fakhruddin
NPM   1311010151

Jurusan          : Pendidikan Agama Islam
Kelas               : PAI C/6 (enam)

Dosen pembimbing:
 Dr. Deden Makbuloh, M.Ag




FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
INSTITUTE AGAMA ISLAM NEGERI RADEN INTAN
LAMPUNG
TAHUN 2016













Judul                : PENDIDIKAN ISLAM DAN SISTEM PENJAMINAN MUTU
Autor               : Dr. Deden Makbuloh, M. Ag.
ISBN               : 978-979-769-967-3
Penerbit           : PT RAJAGRAFINDO PERSADA Jakarta
Tahun              : cetakan pertama, Januari 2016
Jmlh Halaman : x + 201



BIOGRAFI PENGARANG
            Dr. Deden Makbuloh, M.Ag. lahir di Ciamis, 03 Mei 1973. Menempuh Gelar Sarjana (S-1) jurusan PAI di IAIN Sunan Gunung Djati Bandung mulai 1994, lulus cumlaude tahun 1998. Gelar Magister (S-2) bidang Pendidikan Islam di IAIN Sunan Gunung Djati Bandung tahun 1999, lulus tahun 2001. Gelar doktor (S-3) bidang Pendidikan Islam di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, lulus tahun 2010. Juga mengikuti Short Course di Melbourne University of Australia tahun 2009, dan Post Dictoral (POSFI) di Geothe University of Frankfurt, Germany tahun 2015.
            Profesi saat ini sebagai Dosen IAIN Raden Intan Lampung S1, S2 dan S3 pada mata kuliah bidang Pendidikan Islam. Penulis juga menjabat sebagai Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) di Jakarta tahun 2011- sekarang. Dan Ketua Pusat Penelitian dan Penertiban LP2M IAIN Lampung periode 2015-2019.
TENTANG BUKU
             Pendidikan Islam merupakan Sub-Sistem Pendidikan Nasional yang diakui kesetaraannya dengan pendidikan umum sebagai mana yang disepakati dalam SKB 3 menteri yang di jelaskan dalam UUSPN. Dengan kejelasan status tersebut menjadikan adanya persaingan dua kutub pendidikan dalam pendidikan Nasional Bangsa Indonesia, yaitu dikotomi antara Pendidikan Islam dan Pendidikan Umum. Persaingan tersebut secara alami akan muncul karena berbagai alasan, misal penerimaan siswa dan jumlah siswa, kualitas lulusan, kemajuan sistem administrasi dan kuantitas-kualitas tenaga pengajar. Hal tersebut dapat di representasikan sebagai persaingan MUTU pendidikan, hal semacam itu wajar, dan justru harus ada sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan nasional.
            Dalam buku yang burjudul PENDIDIKAN ISLAM DAN SISTEM PENJAMINAN MUTU ini sangat jelas alur pikiranya, berangkat dari penelitian penulis yang melihat ada ketidak-sehatan persaingan mutu dalam pendidikan yang penulis sebut sebagai prilaku “Anomali”, yang secara jelas penulis sebutkan adanya perbedaan dan kesenjangan antara tujuan-ekspektasi dengan kondisi rill dalam implementasi pelaksanaan pendidikan. Dengan demikian, maka akan mengancam mutu pendidikan nasional. Dalam buku ini secara khusus penulis men-short pada Pendidikan berbasis “Islami” yaitu pendidikan Islam.
            Pendidikan Islam sekarang, dalam kacamata penulis masih banyak kelemahan baik dalam sistem administrasi hingga sistem belajar mengajar, sertifikasi dan akreditasi hingga dapat disebut kurang berkualitas. Pendidikan Islam ikut larut dalam persaingan yang kurang sehat dalam mengejar predikat ‘Mutu’, baik lembaga Pendidikan Islam Negeri dan Swasta. Dalam kenyataannya, pendidikan diselenggarakan hanya sebagai penyedia Layanan pendidikan tanpa memperhatikan rambu-rambu kualitas secara menyeluruh. Mengelola tapi tidak transparan, akuntable, jujur, adil dan objektif. Di beberapa lembaga pendidikan yang memiliki kualitas akademis yang unggu, seringkali terjadi nepotisme baik berupa uang titipan calon pendaftar dll, sehingga proses seleksi menjadi kacau. Disebagian sekolah penuh pendaftar, bahkan calon peserta harus menyuap, dilain lembaga yang sepi peminat mengadakan seleksi yang asal-asal untuk menjaring peserta didik sebanyak mungkin.
            Penulis sadar betapa menyedihkannya keadaan tersebut, dimana adakalanya lembaga pendidikan mengikuti dan menyelaraskan selera masyarakat yang pragmatis tanpa menilai kualitasnya. Ujungnya, pendidikan di Indonesia selalu berubah-ubah tanpa kejelasan landasan teori dan paradigma, hal ini jelas mengancam masadepan pendidikan nasional. Bayangkan saja pendidikan yang tidak memiliki landasan yang kuat pasti akan gamang dalam menentukan tujuan dan langkah selanjutnya. Dalam buku ini, jelas sekali perhatian penulis dalam pendidikan Islam, sebagai mana diketahui penduduk Indonesia hampir berjumlah 300 juta dan 75% merupakan pemeluk agama Islam, maka menjamin kualitas mutu Sistem Pendidikan Islam merupakan kewajiaban, untuk mencegah rusaknya generasi bangsa ke depan.
            Pendidikan Nasional kini memiliki paradigma sistem pendidikan yang otonomi daerah, setelah sebelumnya pendidikan sangat sentralistik yang telah diketahui menyimpan banyak kelemahan. Penulis dalam kaitan masalah kelemahan-kelemahan sistem pendidikan nasional menjelaskan, secara mendasar kelemahan tersebut meliputi: pertama, kebijakan pendidikan nasional yang sangat terpusat dan birokratis; kedua, penyelenggaraan pendidikan nasional di Indonesia lebih berorientasi kepada pencapaian target kuantitatif, seperti target nilai ujian nasional, target kurikulum baru, sehingga mengabaikan proses pembelajaran yang efektif dan mampu menjangkau seluruh ranah dan potensi peserta didik sehingga hidup mandiri menjadi manusia yang mandiri.
            Melihat kompleksitas masalah yang dihadapi pendidikan Islam tersebut, membuat penulis berusaha membangun kesadaran kita lewat tulisan beliau ini, agar untuk selanjutnya pendidikan Islam tidak lagi kehilangan landasan yang jelas, hingga kedepannya visi, misi, sasaran dan tujuan pendidikan dapat tercapai sesuai target, menjadikan pendidikan Islam melahirkan lulusan yang berkualitas, baik secara keilmuan dan daya saing. Apa bila pendidikan Islam dapat meingkatkan mutunya, hingga menjadi lembaga pendidikan yang mencetak generasi yang berkualitas, maka pendidikan Islam dan masadepan bangsa Indonesia kian jelas, percaya diri dan tidak merasa termarginalkan!
            Buku ini ditulis dengan sistematis penulis memberikan teori-teori menejemen mutu yang berisi konsep mutu, konsep menejemen mutu pendidikan, strategi menejemen mutu pendidikan dan meliputi konsep sistem pendidikan islami yang lengkap. Dari konsep, landasan hingga implementasi perencanaan pendidikan Islami, penulis juga tidak lupa memberikan orientasi mutu pendidikan Islami, penjaminan mutu SDM Guru, peserta didik dan mutu kepemimpinan. Dengan pendekatan ilmiah disertai referensi yang lengkap sehingga setiap gagasan dan sintesis penulis memiliki dasar teori dan rujukan yang jelas, dengan demikian buku ini sangat cocok sebagai bacaan anda, terutama sebagai rujukan masalah mutu pendidikan Islam.
KELEBIHAN
Buku karya Dr. Deden Makbuloh, M.Ag. ini layak anda baca dan diberikan apresiasi, dimana buku ini bak oase ditengah ke semrawutan mutu pendidikan Islam kita, buku ini memberikan rambu-rambu kepada kita untuk menyusun mutu pendidikan Islam yang didasarkan pada teori-cara implementasi managemen mutu.
Secara singkat buku ini memiliki kelebihan pada sistematika penulisan yang sangat ilmiah, ditunjang dengan rujukan yang jelas dan lengkap. Dasar teori yang matang dan mudah diaplikasikan, bahasa yang mudah dipahami, dan lengkap muatannya sehingga kita benar-benar di ajak berpikir sistematis. Dan yang jelas buku ini ditulis oleh praktisi pendidikan seorang doktor yang memang menguasai dan bekerja sebagai Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), yang dapat kita pastikan ke ahlian beliau dalam bidang penjaminan mutu. So selamat membaca..!
Kekurangan
Melihat problematika pendidikan nasional, seharusnya buku ini lebih detail dalam menyinggung peran dan mutu pendidikan Islam untuk kemajuan pendidikan nasional.
Terlepas dengan kekurangan tersebut, buku ini sangat layak untuk anda baca untuk menambah wawasan anda. Terutama bagi anda yang merupakan praktisi pendidikan, terlebih bila anda sebagai kepala madrasah atau kepala sekolah, anda wajib membaca karya luar biasa ini.. sekian trimakasih!

Komentar

Postingan Populer